Kondisi Alam Benua Amerika Lengkap

Keadaan alam Benua Amerika dibagi menjadi tiga, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Keadaan alam Amerika Utara membentang dari Alska di bagian utara sampai perbatasan dengan Meksiko di bagian selatan. Sebagian besar berupa pegunungan komplek yaitu rangkaian Pegunungan Rocky yang terdiri atas Pegunungan Cascade, Pegunungan Sierra Madre Barat, dan Sierra Nevada. Di kompleks Pegunungan Rocky terdapat daerah kering yaitu Great Basin. Selain itu, terdapat ngarai yang sangat luas dan terbesar di dunia yaitu Grand Canyon yang terbentuk oleh aliran Sungai Colorado. Disebelah timur kompleks Pegunungan Rocky merupakan dataran rendah yang sangat luas dan subur. Di bagian ini dijumpai sungai-sungai besar antara lain Sungai Mississipi, Sungai Missouri, Sungai Arkansas, Sungai Colorado, dan Sungai Rio Grande. Sunagi-sungai tersebut menjadi batas utara Meksiko dengan Amerika Serikat.

1. Amerika Serikat.

Kondisi Alam Benua Amerika Lengkap

a. Lokasi

Amerika Serikat terletak dikawasan Amerika Utara. Posisi geografis Amerika Serikat terletak pada 25°LU-49°LU dan 66°BB-125°BB. Luas wilayah Amerika Serikat sekira 9.371.786 km². Amerika Serikat memiliki batas sebalah timur dengan Samudra Atlantik. Batas sebelah barat dengan Samudra Pasifik. Batas sebelah utara dengan Kanada. Batas sebelah selatan dengan Teluk Meksiko dan Meksiko. wilayah Amerika Serikat terdiri atas lima puluh negara bagian dengan ibu kotanya Washington DC.

b. Iklim

Sebagai negara yang terletak di daerah subtropis, di Amerika Serikat berlaku empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Pada musim dingin biasanya banyak wilayah tertutup salju. Kondisi tersebut dimanfaatkan penduduk untuk bermaik ski. Pada musim semi tumbuh bunga beraneka warna.

c. Topografi

Kenampakan alam di Amerika Serikat sangat beragam, muali dari pegunungan, laut, air terjun, dataran berumput yang luas, gurun sampai gletser yang membeku. Kenampakan alam yang sangat terkenal antara lain Sungai Mississippi, Air Terjun Niagara, dan Lembah Grand Canyon.

d. Geologi

Amerika Serikat dilalui oleh sesar San Andreas di San Fransisco. Sesar ini merupakan patahan gletser sepanjang 1.300 km dan menjadi batas tektonik antara lempeng Pasifik dan lempeng Amerika Utara. Batuan metamorf mendimonasi di kawasan Pegunungan Applachia dan Cordillera.

e. Flora dan Fauna

Flora di Amerika Serikat didominasi oleh hutan konifer (pohon berdaun jarum). Selain itu, terdapat padang rumput (praire) di perbatasan Kanada hingga sekitar Teluk Meksiko. Bentang alam gurun terdapat di bagian barat yang berbatasan dengan padang rumput. Hutan gugur setiap tahun (deciduos forest) berada di bagian tenggara. Jenis pohon di Amerika Serikat, misalnya pohon mapel, pohon ek, dan elm.

Fauna khas Amerika Serikat antara lain bison, antelop, dan beruang. Fauna lain yang hidup di negara ini seperti domba dan rusa yang hidup di daerah pegunungan. Puma (sejenis macan) ditemukan di pesisir pasifik, Amerika serikat bagian barat. Armadilo, jaguar, dan selot dapat ditemukan di daerah barat daya. Opassum, aligator, dan buaya dapat ditemukan di daerah Amerika Serikat bagian selatan. Karibu, beruang putih, dan anjing laut dapat ditemukan di kawasan Alaska.

f. Kondisi Penduduk

Jumlah penduduk Amerika Serikat menduduki peringkat ketiga dunia. Posisi ini menjadikan Amerika Serikat memiliki kekuatan demografi yang berpengaruh bagi dunia. Menurut data CIA World Factbook tahun 2017 jumlah penduduk Amerika Serikat sekira 326 juta jiwa. Penduduk asli berasal dari suku Indian dan Eskimo. Sejarah kependudukan negara ini berawal ketika orang-orang kulit putih dari daratan Eropa datang ke wilayang Amerika. Komposisi penduduk nerubah setelah bertambahnya pendatang. Mata pencaharian sebagian besar penduduk pada sektor nonpertanian seperti manajemen, profesional, teknik, manufaktur, dan jasa.

2. Brazil

Kondisi Alam Benua Amerika Lengkap

a. Lokasi

Brazil terletak di Amerika Selatan. Posisi geografis Brazil yaitu 5°LU-34°LS dan 35°BB-74°BB. Secara geografis Brazil berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah timur. Sebalah barat berbatasan dengan Peru dan Kolombia. Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Atlantik, Uruguay, Paraguay, dan Bolivia. Luas negara Brazil sekira 8.547.404 km². Brazil merupakan negara paling luas di Amerika Selatan. Brazil beribukota di Brasilia.

b. Iklim

Berdasarkan posisi geografis, sebagian besar wilayah Brazil beriklim tropis dan hanya sebagian kecil beriklim subtropis. Kondisi musim hampir sama dengan pembagian musim di Indonesia. Musim hujan terjadi hampir di sebgaian besar bulan sehingga musim kemarau berlangsung singkat.

c. Topografi

Kenampakan alam Brazil berupa dataran tinggi dan lembah-lembah sungai. Wilayah Brazil terbentang dari garis khatulistiwa sampai ke wilayah garsi balik selatan. Hampir separuh wilayah Brazil berada di Lembah Amazon. Lembah tersebut berupa bentangan hutan dan perairan yang luas. Daerah timur laur berupa dataran tinggi (plato) yang dikelilingi dataran rendah pantai yang sempit. Daerah ini merupakan daerah panas dan sering terjadi kekeringan. Dataran tinggi di tengah wilayah Brazil merupakan daerah pusat pemukiman penduduk, daerah pertanian, industri, dan perdagngan. Di daerah terdapat Kota Rio De Janeiro dan Sao Paolo.

d. Geologi

Batuan metamorf (malihan) mendominasi kondisi geologis di Brazil. Bagian bawah permukaan tanah terdapat perisai besar. Perisai terbesar adalah perisai Guayana, Barzil Tengah, dan Atlantik. Setiap perisai mencakup beberapa wilayah. Perisai Guyana terdapat di wilayah Amzon ke utara. Perisai Brazil Tengah meluas ke daerah pedalaman Brazil. Perisai Atlantik meluas hingga batas Samudra Atlantik.

e. Flora dan Fauna

Jenis flora di Brazil yaitu hutan hujan tropis yang berkembang di daerah Amazon. Ciri khas huatn hujan tropis berupa danya kanopi. hutan juga berfungsi sebagai habitat fauna. Jenis fauna khas di Brazil yang terdapat di Sungai Amazon yaitu ikan piranha. Jenis fauna lainnya, yaitu iguana, harimau, tapir, buaya, macam-macam burung, kupu-kupu, dan kura-kura.

f. Kondisi Penduduk

Jumlah penduduk Brazil 205,8 juta jiwa (CIA World Factbook tahun 2016). Brazil menempati peringkat kelima jumlah penduduk tertinggi di dunia setelah Indonesia. Dengan wilayah negara yang luas, kepadatan penduduknya relatif rendah. Sebagian besar penduduk tinggal di pusa-pusat kota. Kota-kota besar di Brazil terkonsentrasi di sepanjang pantai Atlantik (sebelah timur Brazil). Kota-kota besar di Brazil seperti Rio De Janeiro, Sao Paulo, dan El Salvador
Daftar Pustaka:
Childacayana, Erick Putra dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2018.

Artikel Terkait

Kondisi Alam Benua Amerika Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email