Kondisi Alam Benua Australia Lengkap

Kondisi Alam Benua Australia Lengkap

Kenampakan alam Benua Australia terbagi dalam toga zona itu datran tengah, dataran tinggi timur, dan plato barat besar.

a. Lokasi

Benua Australia terletak pada koordinat 10°41'LS-39°08'LS dan 113°09'BT-153°38'BT. Batas-batas Benua Australia yaitu sebelah utara Laut Timor, Laut Arafura, Selat Torens, dan Laut koral. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia. Sebelah timur berbatasan dnegan Laut Tasmania dan Samudra Pasifik. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

b. Iklim

Berdasarkan letak lintang dan keadaan alamnya, iklim di Benua Australia dibedakan menjadi iklim tropis, subtropis, gurun, dan iklim laut sedang. Iklim tropis dialami oleh Australia bagian utara dan iklim lainnya berurutan menikuti letak lintangnya, Australia bagian barat daya, selatan, dan timur mengalami iklim sedang.

c. Topografi

Bagian tengah Benua Australia didominasi oleh dataran rendah, terbentang dari sebelah selatan Dataran Tinggi Salwyn hingga Teluk Australia Besar. Wilayah ini memiliki padang rumput dengan kualitas terbaik. Ciri khas dataran rendah di Australia yaitu adanya Cekungan Artesis Besar (Great Artesian Basin) seluas sekira 1.735.300 km². 

Dataran tinggi timur merupakan jaringan plato, bukit, dan pegunungan rendah yang sejajar dengan pantai timur dan tenggara Benua Australia. Wilayah ini meliputi Pegunungan Biru dan Pegunungan Alpen Australia. Di sepanjang lereng barat wilayah ini terbentang daerah subur yang disebut Bulan Sabit yang subur. Plato barat besar ini berupa padang pasir, dataran tinggi, dan pegunungan. Pada bagian utara plato ini terdapat Plato Kimberly yang kaya tambang emas. Di wilayah ini juga ditemukan batu kerikil terbesar di dunia bernama Ayers Rock atau batu uluru.

e. Flora dan Fauna

Struktur geologi Australia tidak terlepas dari pengaruh proses pembentukannya. Australia termasuk pecahan dari Benua Gondwana. Potensi sumber daya alam Australia seperti minya, gas alam, batu bara, biji besi, intan, tembaga, bauksit, dan alumunium. Potensi batu bara Australia cukup besar sehingga menempati urutan kedua dunia setelah Republik Guinea.

f. Kondisi Penduduk

Jumlah penduduk Australia sekira 24,4 juta jiwa (data tahun 2017). Wilayah Australia sangat luas sehingga penduduk tidak terlalu padat. Sebagian besar penduduk tinggal di daerah perkotaan. Penduduk asli berasal dari suku Aborigin. Saat ini penduduknya merupakan campuran dari berbagai negara. Penduduk pendatang berasal dari Benua Eropa, Asia, dan Amerika.

Baca juga Kondisi Alam Benua Asia Lengkap

Daftar Pustaka:
Childacayana, Erick Putra dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX. Diakses pada tanggal 12 Agustus 2018.

Artikel Terkait

Kondisi Alam Benua Australia Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email