Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Vegetatif Alami Lengkap

Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Vegetatif Alami Lengkap

Tumbuhan dapat berkembang biak menggunakan bagian tubuhnya tanpa campur tangan manusia disebut perkembangbiakan vegatatif alami. Cara perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan sebagai berikut.

1. Rhizoma (Rimpang)

Rhizoma merupakan bentuk modifikasi bentuk batang yang menjaar di dalam tanah yang tumbuh mendatar dan biasanya bercabang. Rhizoma ini beruas-ruas dan pada permukaannya melekat daun berupa sisik. Pada ruas-ruas inilah akan muncul tunas dan tumbuh menjadi individu baru. Tumbuhan yang bereproduksi dengan Rhizoma misalnya jahe, lengkuas, kencur, dan kunyit.

2. Stolon (Geragih)

Stolon adalah bagian batang yang menjalar di atas permukaan tanah. Pada bagian ruas-ruasnya muncul akar dan akan tumbuh menjadi individu baru. Tumbuhan yang bereproduksi dengan stolon misalnya pegagan dan stroberi.

3. Umbi lapis

Umbi lapis merupakan batang pendek yang tumbuh di dalam tanah dengan daun-daun tebal berbentuk sisik dan berdaging. Umbi lapis memiliki bagian penangkal yang agak keras disebut cakram. Tepat di bagian bawah cakram akan tumbuh akar serabut. Pada permukaan atasnya tumbuh daun yang berlapis-lapis disebut bulbus. Bulbus merupakan bagian yang mengandung makanan cadangan. Tumbuhan yang bereproduksi dengan umbi lapis misalnya bawang merah, lili, dan tulip.

4. Umbi batang

Umbi batang merupakan bagian batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya menggembung yang berisi makanan cadangan. Pada bagian umbi terdapat calon tunas yang dapat tubuh menjadi individu baru. Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan umbi batang adalah kentang.

5. Tunas

Tunas merupakan bagian tumbuhan yang dapat tumbuh menjadi individu baru. Tunas biasanya terbentuk melalui pembelahan sel pada bagian jaringan meristematis, misalnya di ujung batang, ketiak daun, dan ruas-ruas batang. Sebagai contoh pada tumbuhan pisang tunas tumbuh ruas batang di bagian bawah.

6. Tunas Adventif

Tunas Adventif merupakan tunas yang tumbuh pada bagian tubuh individu dewasa, misalnya pada daun atau akar. Tumbuhan yang dapat bereproduksi dengan tunas adventif misalnya cocor bebk dan cemara. Tunas adventif pada cocor bebek muncul pada tepi daun. Apabila daun tersebut terlepas dan jatuh, tunas tersebut dapat tumbuh menjadi individu baru. Sementara itu, tunas adventif pada cemara tumbuh pada akar.

Daftar Pustaka:
Nurani, Dhara dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas IX. Diakses pada tanggal 12 Agustus 2018.

Artikel Terkait

Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Vegetatif Alami Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email