Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Lengkap

Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Lengkap

Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif yang dilakukan oleh manusia. Beberapa cara perkembangbiakan vegetatif buatan sebagai berikut:

1. Setek

Setek adalah teknik perkembangbiakan tanaman dengan cara memotong bagian tanaman untuk ditanam sehingga akan tumbuh menjadi individu baru. Bagian tanaman yang sering digunakan untuk setek misalnya akar, daun, dan batang. Contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakan dengan cara setek daun yaitu tanaman lidah mertua, Daun tanaman lidah mertua yang dipotong apabila ditancapkan pada tanah yang subur dapat membentuk akar dan memunculkan tunas baru.

2. Runduk

Runduk dilakukan dengan membengkokkan atau membenamkan bagian batang atau cabang suatu tumbuhan ke dalam tanah. Akar akan terbentuk pada bagian batang yang ditimbun tanah, Setelah tumbuh akar, bagian tersebut dapat dipotong dan dipindahkan sehingga tumbuh menjadi individu baru. Runduk dapat dilakukan pada tanaman yang memiliki cabang batang panjang dan lentur, misalnya alamanda, stroberi, dan melati.

3. Cangkok

Cangkok dilakukan dengan cara membuat perakaran baru di atas permukaan tanah pada batang tanaman. Kulit batang dikelupas, lalu dibalut dengan tanah dan dibungkus dengan sabut kelapa atau plastik sehingga akar dapat tumbuh. Bagian cabang yang telah tumbuh perakarannya dapat dipotong dan ditanam sehingga tumbuh menjadi individu baru. Cangkok dapat dilakukan pada tanaman Dicotyledonee yang berkayu seperti mangga, rambutan, jambu, dan jeruk. Cangkok akan menghasilkan tanaman yang memiliki sifat seperti induknya dan cepat berbuah. Namun, perakaran tanaman ini kurang kuat karena berupa akar serabut.

Selain setek, runduk, dan cangkok, di masyarakat dikenal dengan teknik sambung (enten) dan tempel (okulasi). Kedua teknik tersebut sebenarnya bukanlah teknik perkembangbiakan vegetatif buatan. Hal tersebut karena kedua teknik tersebut tidak menghasilakn keturunan atau individu baru. Kedua teknik tersebut merupakan teknik yang bertujuan meningkatkan kualitas tanaman dengan menggabungkan dua tanaman dengan sifat berbeda.

Daftar Pustaka:
Nurani, Dhara dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas IX. Diakses pada tanggal 12 Agustus 2018.

Artikel Terkait

Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email