Kondisi Alam Benua Afrika Lengkap

Kenampakan alam pegunungan di benua Afrika antara lain Pegunungan Atlas, Pegunungan Rif, Pegunungan Sinai (Mesir) yang tertutup salju pada musim dingin, dan Pegunungan Tebing Besar dengan wilayah tertingginya adalah Pegunungan Dragensberg yang berada di Taman Nasional Royal Natal. Sungai-sungai diBenura Afrika antara lain Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Selain itu, Sungai Oranye (2.090 km) mengalir melewati Highceld dan memisahkan Namibia dan Afrika Selatan. Sungai Zambesi (Zambia) membentuk air terjun Victoria dengan tinggi sekira 108 meter.

1. Mesir

Kondisi Alam Benua Afrika Lengkap

a. Lokasi

Mesir merupakan negara yang terletak di kawasan Afrika Utara. Ibu kota Mesir adalah Kairo. Posisi grafis Mesir yaitu 22°LU-32°LU dan 25°BT-36°BT. Negara Mesir memiliki batas sebelah timur dengan Turasan Suez (Laut Merah). Batas sebelah barat dengan Libia. Batas sebelah utara dengan Laut Tengah. Batas sebelah selatan dengan Sudan.

b. Iklim

Berdasarkan letak lintangnya, sebagian besar wilayah Mesir berada di daerah subtropis. Dengan demikian, tipe iklim di Mesir adalah iklim subtropis arid atau kering. Perbedaan suhu antara musim panas dan musim dingin sangat besar. Mesir mengalami musim panas dan musim dingin. Musim panas berlangsung dari bulan Mei hingga Oktober. Musim dingin berlangsung dari bulan November hingga April.

c. Topografi

Kenampakan alam wilayah Mesir didominasi beberapa gurun yang sangat kering. Wilayah Mesir dilewati oleh aliran Sungai Nil. Bagian barat terdapat Gurun Libia yang bagian utaranya terdapat daerah terendah yaitu Depresi Qattara. Di sebelah timur antara Sungai Nil dan Laut Merah berupa gurun-gurun yang sempit. Wilayah timur juga ditandai dengan puncak tertingginya Gunung Kattrina (2.629 mdpl). Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil mengalir dari Sudan sejauh kurang lebih 1.500 km melintasi Mesir dan bermuara di Laut Tengah. Muara Sungai Nil membentuk delta yang sangat subur. Bagian selatan Sungai Nil dibangun bendungan yaitu bendungan Aswan.

d. Geologi

Sebagian besar wilayah Mesir tertutupi batuan gamping. Lapisan batu pasir berada dibawah lapisan batu gamping dan lapisan berikutnya berupa batuan malihan. Struktur geologi menyebabkan Mesir memiliki sumber daya alam melimpah. Sumber daya alam tersebut meliputi minyak bumi, gas alam, bijih besi, emas, gipsum, timah, dan fosfat.

e. Flora dan Fauna

Flora yang tumbuh di Mesir merupakan tumbuhan yang mampu bertahan hidup di lahan kering. Contoh flora di Mesir yaitu pohon palem, kurma, kayu putih, akasia, cemara, dan pohon lontar. Fauna yang dapat dijumpai seperti unta, domba, keledai, berbagai jenis burung, serta hewan reptil seperti ular dan buaya.

f. Kondisi Penduduk

Jumlah penduduk Mesir mencapai 98,7 juta jiwa menurut data 2017. Penduduk memilih tempat tinggal di daerah perkotaan, lembah, dan delta sungai Nil. Komposisi penduduk terdiri atas orang Nubin, orang Hamit, dan orang Arab.

2. Nigeria

Kondisi Alam Benua Afrika Lengkap

a. Lokasi

Nigeria merupakan negara yang terletak di kawsan Afrika Barat yaitu pada 4°LU-14°LU dan 2°BT-13°BT. Batas-batas Nigeria yaitu di sebelah utara berbatasan dengan Niger, de sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Guinea, di sebelah barat berbatasan dengn Republik Benin, serta di sebelah timur berbatasan dengan Kamerun dan Chad. Luas Nigeria sekira 923.768 km². Ibukota Nigeria yaitu di Abuja.

b. Iklim

Iklim di Nigeria adalah iklim tropis. Nigeria memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim kemarau terjadi bulan November-Maret. Pada bulan tersebut terjadi musim angin dan debu halus (harmattan) yang berasal dari Gurun Sahara. Musim hujan terjadi pada bulan April-Oktober. Pada musim hujan suhu udara malam dan sinagn hari di Abuja sekira 22-30°C. Saat musim kemarau suhu udaranya berkisar 15-40°C dengan kelembapan udara rendah (kering).

c. Topografi

Kenampakan alam Nigeria yaitu di sebagian besar bagian utara berupa gurun pasir, di bagian tengah adalah padang rumput dengan gunung-gunung batu, dan di bagian selatan berupa rawa-rawa. Daerah pegununagn di Nigeria yaitu Pegunungan Sankwala dan terdapat Gunung Chappal Waddi dengan ketinggian 2.419 mdpl. Nigeria memiliki Sungai Niger (4.180 km) yang merupakan sungai terpanjang kedua di Afrika setelah Sungai Nil. Sebagian wilayah yang dilalui Sungai Niger membentuk ledok/cekungan Sunagi Niger.

d. Geologi

Kondisi geologis Nigeria memengaruhi barang tambang yang dimilikinya. Wilayah Nigeria terdiri atas batuan kristalin tua. Lapisan batuan tersebut mengandung biji timah. Selain kristalin tua terdapat endapan batuan sedimen berusia lebih muda. Lapisan batuan ini mengandung minyak bumi, batu bara, dan batu kapur.

e. Flora dan Fauna

Jenis flora di Nigeria yaitu hutan hujan tropis. Di daerah gurun dapat dijumpai pohon kaktus dan pohon kurma. Nigeria memiliki bungan nasional yaitu Costus Spectabilis. Jenis fauna khas Nigeria adalah elang. Burung nasional Nigeria adalah burung bangau hitam.

f. Kondisi Penduduk

Jumlah penduduk Nigeria sekira 186 juta jiwa (CIA World Factbook tahun 2016). Jumlah tersebut menduduki peringkat ketujuh dunia, Nigeria terdiri atas banyak etnik sekira 250 etnik. Etnik terbesar seperti Hausa, Igbo, dan Yoruba

Baca juga Kondisi Alam Benua Australia Lengkap

Daftar Pustaka:
Childacayana, Erick Putra dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX. Diakses pada tanggal 12 Agustus 2018.

Artikel Terkait

Kondisi Alam Benua Afrika Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email