Macam Gerak Pada Tumbuhan dan Hewan Lengkap

Macam Gerak Pada Tumbuhan dan Hewan Lengkap
Cheetah


A. Gerak Pada Makhluk Hidup
Gerak merupakan salah satu bentuk reaksi terhadap rangsangan. Gerak pada tumbuhan dan hewan berbeda karean tumbuhan tidak memiliki alat khusus untuk bergerak, sedangkan hewan umumnya mempunyai alat.

1. Gerak Pada Tumbuhan

Tumbuhan meiliki kepekaan tertentu untuk menanggapi rangsangan yang diterimanya. Tanggapan ini berupa gerakan dari bagian-bagian tumbuhan. Gerak pada tumbuhan tidak menghasilkan perpindahan tempat dan dikarenakan adanya rangsangan. Rangsangan dapat berasal dari cahaya, gaya tarik bumi, air, sentuhan dan zat kimia. Gerak pada tumbuhan terbatas pada bagian tertentu dari tubuh tumbuhan.

Tumbuhan tingkat tinggi dapat merespon rangsangan tertentu dari lingkungannya dengan melakukan gerak. Gerak tumbuhan umumnya sangat lambat sehingga perlu ketelitian tinggi untuk dapat mengamatinya. Gerak pada tumbuhan terbagi menjadi 3 yaitu gerak Endonom, Esionom, dan Higroskopis.

Lanjutkan membaca : Gerak Endonom, Esionom, dan Higroskopis lengkap

2. Gerak Pada Hewan

Salah satu sifat makhluk hidup adalah bergerak. Hewan bergerak dengan berbagai cara, misalnya ada hewan yang berjalan, berlari, terbang, berenang, merayap, dan lain sebagainya. Hewan bergerak untuk berbagai tujuan, antara lain untuk melindungi diri dari predator atau untuk mencari mangsa.

Lanjutkan membaca : Indentifikasi Gerak Hewan Dalam Air, Udara dan Darat

Sumber : Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII  

Artikel Terkait

Macam Gerak Pada Tumbuhan dan Hewan Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email