Letak, Batas dan Luas Benua Amerika Lengkap

Letak, Batas dan Luas Benua Amerika Lengkap
Ilustrasi

Benua Amerika ditemukan oleh penjelajah dari Eropa bernama Christoper Columbus pada tahun 1492. Saat penjelajahan, Columbus mendarat di Pulau San Salvador bagian dari Kepulauan Bahama. Penejelajah lain yang berjasa mempopulerkan benua baru ke Benua Eropa adalah Amerigo Vespuci, seorang bangsawan dari Italia. Untuk mengenang jasa-jasa Amerigo Vespuci, namanya diabadikan sebagai nama benua baru tersebut yaitu Benua Amerika.

Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Lusa Benua Amerika sekira 42.057.100 km². Posisi geografis Amerika berada pada 170°BB-35°BB dan 83°LU-55°LS. Sebelah utara Benua Amerika berbatasan dengan Laut Arktik dan Pulau Greenland. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik bagian selatan. Sebelah barat berbatasan dengan Selat bering dan Samudra Pasifik.

Letak, Batas dan Luas Benua Amerika Lengkap
Peta Benua Amerika

Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan yakni kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia terletak disekitar Amerika bagian tengah. Setiap wilayah mempunyai karakteristik alam yang khas. Wilayah Amerika Utara membentang dari Alaska di bagian utara sampai perbatasan Meksiko di bagian selatan. Negara di Amerika Utara yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Wilayah Amerika Tengah mencakup wilayah di sebelah selatan Teluk Meksiko hingga perbatasan antara Panama dan Kolombia. Kawasan Amerika Tengah meliputi beberapa negara seperti Panama, Kolombia, dan El Salvador. Contoh negara di Amerika Selatan yaitu Brazil, Argentina, dan Ekuador. Kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan dikenal sebagai Amerika Latin

Baca juga Letak, Batas dan Luas Benua Eropa Lengkap

Daftar Pustaka:
Childacayana, Erick Putra dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2018.

Artikel Terkait

Letak, Batas dan Luas Benua Amerika Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email