Letak, Batas dan Luas Benua Eropa Lengkap

Letak, Batas dan Luas Benua Eropa Lengkap
Ilustrasi

Nama Eropa diambil dari nama dewi dalam mitologi Yunani, Europa. Meskipun tidak seluas benua lainnya, Benua Eropa menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknolgi (iptek) di dunia. Benua Eropa adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas sekira 10,35 juta km². Posisi geografis Benua Eropa, yaitu 35°LU-80°LU dan 9°BB-60°BT. Batas Benua Eropa dan Benua Asia yaitu Pegunungan Ural, Selat Dardalena, dan Laut Kaspia. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik. Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah.

Letak, Batas dan Luas Benua Eropa Lengkap
Peta eropa

Berdasarkan perbedaan kondisi fisik dan budaya, Eropa dibagi dibagi menjadi empat kawasan meliputi Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. Namun demikian, pembagian kawasan ini mulai pudar seiring terbentuknya Uni Eropa. Uni Eropa merupakan lembaga ekonomi dan politik yang beranggotakan negara-negara Eropa. Uni Eropa (European Union) bertujuan meningkatkan kemajuan perekonomian negara-negara di Eropa. Lembaga tersebut juga bertujuan meningkatkan peran Eropa dalam hubungan internasional. Namun demikian, beberapa negara di Eropa telah keluar dari keanggotaan Uni Eropa.

Pada masa lalu kolonialisme bangsa Eropa, khususnya bangsa Inggris sampai ke berbagai wilayah di dunia. Pengaruh bangsa Inggris meliputi berbagai bidang, contohnya terkait pembagian waktu di dunia. Kenyataan tersebut didorong oleh pengusaan teknologi transportasi yang dimiliki bangsa Inggris.

Baca juga Letak, Batas dan Luas Benua Afrika Lengkap

Daftar Pustaka:
Childacayana, Erick Putra dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas IX. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2018.


Artikel Terkait

Letak, Batas dan Luas Benua Eropa Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email